VISI MISI

VisiMisiStrategi dan Kebijakan
Terbangunnya tata kelola pemerintah desa yang baik dan bersih guna mewujudkan Kehidupan Masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.
a. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang efisien, efektif, dan bersih dengan mengutamakan masyarakat .
b. Meningkatkan sumber sumber pendanaan pemerintahan dan pembangunan desa.
c. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dalam pelaksanaan pembangunan desa.
d. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam pembangunan desa yang berkelanjutan.
e. Mengembangkan perekonomian desa.
f. Menciptakan rasa aman, tentram, dalam suasana kehidupan desa yang demokratis dan agamis.
1. Strategi Pencapaian Pembangunan
Strategi pembangunan desa merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Ronggo bersama seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Desa Ronggo.
Berdasarkan gambaran umum masalah yang dihadapi serta memperhatikan Visi dan Misi Desa Ronggo maka Pemerintah Desa Ronggo menempuh empat strategi pokok pencapaian pembangunan yaitu:

a. Pembangunan Desa yang Berkesinambungan dan Berkelanjutan.
Pembangunan Desa yang berkesinambungan diarahkan untuk melanjutkan program pembangunan yang telah dicanangkan dan dilaksanakan pada masa-masa sebelumnya. Pembangunan desa yang berkelanjutan diarahkan agar pembangunan desa mempertimbangkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Langkah-langkah membangun harus bermanfaat bagi generasi sekarang dan bagi keberlanjutan pembangunan generasi-generasi berikutnya.
b. Peningkatan Kualitas Kehidupan Masyarakat.
Diarahkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Ronggo dalam segala aspek terutama yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar yaitu kebutuhan akan pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup, rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan, dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial-politik, baik bagi perempuan maupun laki-laki.
c. Pemerataan Pembangunan.
Pemerataan pembangunan dilakukan dengan upaya pemerataan pembangunan fisik dan non fisik agar dapat terpenuhi dan meratanya antara pembangunan infrastruktur/sarana dan prasarana dengan pembangunan sumber daya manusia berdasarkan potensi dan kebutuhan yang ada.
Strategi ini diarahkan agar seluruh kegiatan pembangunan dapat menyentuh semua aspek berdasarkan kebutuhan dan latar belakang seluruh masyarakat atau dengan kata lain pembangunan yang dilaksanakan tidak bertumpu pada satu bidang tertentu.
d. Pemberdayaan Masyarakat.
Diarahkan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan pembangunan sosial, budaya dan ekonomi. Melalui pemberdayaan ini masyarakat diarahkan untuk mengoptimalkan kemampuan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang dimiliki.
2. Kebijakan Desa
Berdasarkan strategi yang ditempuh sebagaimana disebut di atas, maka untuk mewujudkan visi dan misi Desa Ronggo disusun arah kebijakan Desa sebagai berikut:

a. Peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa melalui bimbingan teknis dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa, Kabupaten maupun lembaga-lembaga lainnya.
b. Meningkatkan tata kelola pemerintahan Desa.
c. Peningkatan mutu dan kualitas pelayanan bagi setiap warga Desa.
d. Meningkatkan sarana dan Prasarana bidang pemerintahan Desa.
e. Meningkatkan transparansi dan partisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa.
f. Memperkuat kelembagaan yang ada di Desa melalui bimbingan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya.
g. Memelihara dan mempertahankan adat sosial budaya yang ada.
h. Meningkatkan keamanan dan ketertiban.
i. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian desa seperti jalan, jembatan dan jaringan irigasi.
j. Mengupayakan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, pendapatan, rumah layak huni dan air bersih.
k. Mengupayakan peningkatan perekonomian desa melalui penguatan Lembaga BUMDes.
l. Mengupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan penyuluhan terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Desa.
m. Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana bidang pemuda dan olahraga.

 

Facebook Comments