Rumah Rembuk Desa Ronggo Menjadi Inspirasi Warga

Pati, Desa Ronggo Jaken yang terletak paling timur Kabupaten Pati semakin berubah dan berbenah. Desa yang berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Blora saat ini menjadi wilayah yang patut diperhitungkan. Terutama perkembangan perekonomian, budaya dan lingkungan.

Hal ini sesuai dengan semangat warga desa Ronggo Kecamatan Jaken yang secara bergotong royong mendirikan sebuah bangunan yang berbentuk rumah joglo yang nantinya difungsikan sebagai balai pertemuan, musyawarah, tempat dimana warga desa bisa bersilahturahmi mengeluarkan uneg-uneg, ide dan lain sebagainya demi kemajuan desa.

Rumah Joglo yang disebut dengan “Rumah Rembuk” sekarang semakin menjadi inspirasi bagi warga dalam menuangkan ide dan gagasan yang positif. Dari Rumah Rembuk ini sejumlah warga mempunyai berbagai wawasan yang luas, berbagai penemuan dan pemikiran yang maju telah ditorehkan sebagian warga dalam memberikan andil dalam pembangunan di sektor pertanian, industri dan wisata. Kondisi Rumah Rembuk semakin pepresentatif, karena dibagian samping kanan dan belakang akan didukung dengan bangunan dan kegiatan lain dari warga sekitar. Rumah Rembuk di Desa Ronggo menjadi perhatian publik dan institusi baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia. Pihak BI sendiri sangat terinspirasi dengan adanya Rumah Rembuk di Desa Ronggo.

Pihak BI sangat mendukung segala kegiatan dan usaha warga. Terlebih di bagian samping akan didirikan Rumah Budaya untuk kegiatan budaya warga dan para generasi muda. Jadi Rumah Rembuk akan semakin komplit dalam kegiatan warga sekitar.
Disela kesibukannya Kepala Desa Ronggo Sugandam mengatakan Insya Allah berkat dukungan warga dan seluruh komponen masyarakat di desanya, warga guyub rukun dengan satu tujuan demi kemajuan desa dan untuk tujuan mulia terwujudnya cita-cita sebagai desa yang mandiri, aman, Berdikari dengan perekonomian yang kuat serta tak lupa ikut melestarikan budaya warisan leluhur. Rumah Rembuk menjadi kebanggan warga sekitar. Karena berbagai ide dan kemajuan muncul dalam berbagai pertemuan yang selalu di adakan di Rumah Rembuk.

Rumah Rembuk ini kita dirikan sebagai wadah atau tempat dimana kita sebagai warga desa Ronggo bersilahturahmi, saling belajar, saling mengisi dan tempat dimana kita sebagai generasi muda mengekspresikan diri pada hal-hal yang positif. Nantinya Rumah Diskusi akan digunakan untuk berbagai kegiatan pemuda, ibu-ibu PKK, anak sekolah dan semua warga Desa Ronggo. Dengan Rumah Diskusi ini akan memberikan suasana yang berkembang dan lebih hidup dalam berbagai sektor. Desa Ronggo yang dahulu tertinggal setapak demi setapak berkembang dengan baik dan menjadi contoh bagi daerah lain. Semua ini berkat adanya kepedulian Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan semua warga dalam memajukan Desa Ronggo.

Kemajuan Desa Ronggo tidak lepas dari kegigihan dan perjuangan Kepala Desa setempat yang didukung sepenuhnya semua warga dalam memajukan wilayah desa. Upaya tersebut terus dilakukan sehingga Desa Ronggo saat ini menjadi perhatian publik dan pemerintah. Kemajuan dan pemikiran yang maju dari warga menjadi tolak ukur keberadaan Desa Ronggo. Walau berada di pinggiran hutan namun berkat kerja keras dan adanya kekompakan warga keberadaannya semakin diperhitungkan. Goes

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan